Pengertian Antonim dan Tips mengerjakan soal

pengertian antonim


Penegertian Antonim

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), antonim adalah 1) kata yang berlawanan makna dengan kata lain, 2) leksem yang berpasangan secara antonimi (oposisi makna dalam pasangan Ieksikal yang dapat dijenjangkan).

Secara gramatikal, Antonim (dari bahasa Yunani anti (”lawan") dan onoma (”nama") adalah sebuah istilah linguistic yang merujuk pada pasangan kata yang berlawanan artinya (lawan kata). Dengan demikian, tes antonim adalah tes yang digunakan untuk mencari atau menentukan lawan kata dengan kata yang ada pada soal.

Tujuan dan fungsi tes Anonim

Tujuan tes antonim atau lawan kata adalah untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam menemukan lawan kata atau makna yang berlawanan dari kata yang terdapat pada soal. Seperti pada tes sinonim, keleluasaan pengetahuan dan wawasan sangat mendukung dalam mencari jawaban soal tes antonim. Dengan demikian, seseorang akan lebih mudah menemukan jawaban yang sesuai dengan kata yang mempunyai arti berlawanan dengan kata yang disajikan pada soal. '

Jenis-jenis Antonim

l. Antonim Kembar 
Antonim yang melibatkan pertentangan antara dua kata. Ciri-cirinya penyangkalan dari satu kata dan merupakan pasangan dari kata tersebut. 
Contoh: hidup >< mati; pria >< wanita 

2. Antonim Majemuk 
Antonim yang melibatkan pertentangan antara banyak kata. Ciri-cirinya penyangkalan terhadap salah satu kata berarti penegasan terhadap kata lainnya. 
Contoh: Anya tidak suka bakso. 

Dalam kalimat tersebut dapat terkandung pengertian Anya suka soto, siomay, sate ayam, dan lain-lain. 

3. Antonim Gradual 
Pertentangan antara dua kata yang melibatkan tingkatan antara. Ciri-cirinya penyangkalan terhadap suatu kata, tidak berarti penegasan terhadap kata lainnya.
Contoh: kecil >< sedang >< besar; dingin >< hangat >< panas; murah >< wajar > 

4. Antonim Relasional
Pertentangan antara dua buah kata yang kehadirannya saling berhubungan.
Contoh: suami >< istri; penjual >< pembeli; anak >< induk

5. Antonim Hierarkis 
Pertentangan antara kata-kata yang maknanya berbeda dalam posisi bertingkat ini mempunyai kriteria khusus, yaitu bertingkat.
Contoh: tinggi >< pendek; utara >< selatan


TIPS DAN TRIK MENGERJAKAN TES ANTONIM  

-Pilihlah beberapa jawaban yang mempunyai makna berlawanan dengan soal karena terkadang jawaban yang tepat terdapat pada jawaban yang memiliki makna berlawanan tersebut. 

-Utamakan memilih jawaban yang hampir mirip dengan soal, terutama untuk soal dengan tipe kata ilmiah atau latin. 

-Jangan salah dengan perintah soal untuk mencari lawan kata dari soal. Biasanya persamaan kata (sinonim) dari soal disertakan pada jawaban. Apalagi soal tes persamaan kata dan lawan kata urutannya berdekatan sehingga memungkinkan peserta kurang konsentrasi dalam mengerjakan soal. Berhati-hatilah dalam memahami perintah soal dan memilih jawaban yang tepat. 

-Karena waktu yang diberikan sangat terbatas, sebaiknya mengerjakan soal ini dengan cepat dan teliti.

Posting Komentar untuk "Pengertian Antonim dan Tips mengerjakan soal"