Pengertian Pengelompokan Kata dan Tips mengerjakan soal

Pengertian Pengelompokan Kata
Pengelompokan kata adalah tes yang mengidentifikasi atau mengelompokkan kata yang mempunyai kesamaan atau kemiripan. Dalam tes pengelompokan kata, kita harus menganalisa satu kata yang tidak identik atau tidak serupa dan tidak masuk dalam kelompok kata yang lainnya. 

Tujuan dan Fungsi Tes Pengelompokan Kata
Tes pengelompokan kata bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam mengelompokkan kata. Kemampuan tersebut akan diukur dalam hal memahami kesamaan kata yang terdapat dalam soal. Oleh karena itu, pengayaan kata yang dimiliki seseorang sangat diperlukan dalam menyelesaikan soal tersebut. Tes ini dapat melatih kita agar memahami identihkasi atau pengelompokan kata.

CONTOH TES PENGELOMPOKAN KATA 
Contoh soal tes pengelompokan kata dapat berupa pengelompokan kata berdasarkan jenis kata, bentuk kata, atau bahkan berkaitan dengan makna kata. Pengelompokan kata tersebut mempunyai kesamaan atau kemiripan sehingga dapat membentuk suatu kelompok, misalnya pengelompokan berdasarkan jenis kata yang meliputi kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata bilangan.

TIPS DAN TRIK MENGERJAKAN TES PENGELOMPOKAN KATA
Dalam mengerjakan tes pengelompokan kata, kita harus mengidentifikasi kata-kata yang mempunyai kesamaan atau kemiripan dalam sebuah kelompok. Kemudian, analisa satu. kata yang tidak memiliki kemiripan dan tidak masuk dalam kelompok kata yang lainnya. Dengan demikian. kita akan. menemukan jawaban dari soal tersebut. 

CONTOH SOAL 

1. Kata yang tidak termasuk dalam kelompoknya adalah 
A. Novel 
B. Dongeng 
C. Syair 
D. Cerpen 
E. Legenda 

Pembahasan:

Trik dan Tips
Sastra terdiri dari prosa dan puisi. Prosa adalah karangan bebas berbentuk cerita.

Kelompok kata tersebut termasuk kelompok prosa atau cerita, yang antara lain terdiri dari novel, dongeng, cerpen, dan legenda. Syair tidak termasuk dalam kelompok tersebut karena syair bukan termasuk prosa. 
Jawaban C 

2. Kata yang tidak termasuk dalam Kelompoknya adalah 
A. Soeharto 
B. Soekarno 
C. Jusuf Kalla 
D. Megawati 
E. Gusdur 

Pembahasan
Kelompok tersebut termasuk nama-nama yang pernah menjadi Presiden Indonesia, seperti Soeharto, Soekarno, Megawati, dan Gusdur. Jusuf Kalla tidak termasuk kelompok tersebut karena tidak pernah menjadi Presiden Indonesia.
Jawaban: C 

Posting Komentar untuk "Pengertian Pengelompokan Kata dan Tips mengerjakan soal"