Pengertian Analogi, Contoh dan Jenis-jenis Analogi

pengertian dan jenis jenis analogi


Pengertian Analogi dan Jenisnya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, analogi adalah 1) persamaan atau kesesuaian antara dua benda atau hal yang berbeda; kias, 2) kesepadanan antara bentuk bahasa yang menjadi dasar terjadinya bentuk lain, 3) sesuatu yang sama dalam bentuk, susunan atau fungsi tetapi berlainan asal usulnya sehingga tidak ada hubungan kekerabatan; 4) kesamaan sebagian ciri antara dua benda atau hal yang dapat dipakai untuk dasar perbandingan. Tes analogi adalah tes untuk mencari jawaban berupa kata baru yang memiliki hubungan serupa/sama dengan kata dalam soal yang disajikan.

Tujuan dan Fungsi Tes Analogi

Tes Analogi bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam mengetahui persamaan hubungan antara dua kata. Dengan tes ini, kemampuan seseorang akan dinilai terutama dalam mengartikan arti sebuah kata, fungsi-fungsi kata, hubungan antar kata, dan pemakaian serta padanan fungsi dengan kata yang lain. 

Untuk menjawab pertanyaan padanan kata, kita harus merumuskan hubungan antara kata-kata yang diberikan dan kemudian mengidentifikasi pilihan jawaban yang mengandung kata-kata berkaitan satu sama lain. Maka dari itu, penyelesaian soal analogi ini harus mengandalkan daya nalar dan diharapkan lebih mantap serta percaya diri dalam menjawab soal.

TIPS DAN TRIK MENGEIIIAKAN TES ANALOGI

-identifikasi hubungan kata dan hubungan kata harus mempunyai urutan yang sejalan atau searah dengan soal.

-Jika telah menemukan hubungan kata tetapi masih bingung, maka buatlah kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat dengan menggunakan analogi yang mungkin lebih tepat.

-Jika hubungan bersifat terlalu umum maka alternatif jawaban biasanya masih sulit untuk ditentukan yang paling tepatnya, sehingga harus menentukan hubungan yang lebih spesifik. Semakin spesifik dan khusus, maka akan semakin mudah untuk menemukan hubungan yang paling sesuai.

-Pastikan identifikasi yang dilakukan tidak terbalik, analisis pilihan jawaban yang memiliki analogi yang sama dengan soal. Perhatikan jenis kata yang mempunyai hubungan kata yang searah; jenis kata alternatif jawaban akan sesuai dengan jenis kata dalam soal.

Contoh Soal Analogi

1. Air : Ember = .... : ....
A. Atap-Rumah
B. Listrik-Lampu
C. Mobil-Jalan
D. Rambut-Kepala
E. Pakaian-Lemari

Pembahasan
Hubungan kata air dan ember adalah air diletakkan di dalam ember. Hubungan yang sama dengan pasangan kata tersebut adalah pakaian diletakkan di dalam lemari.
Jawaban: E

2. Gemulai : .... = .... : Pesilat
A. Gerakan-Pukulan
B. Penari -Tangkas
C. Lentur-Lamban
D. Tangan-Kaki
E. Kaku-Kekar

Pembahasan
Hubungan pasangan kata tersebut adalah gemulai adalah sikap dari seorang penari, sedangkan tangkas adalah sikap dari seorang pesilat.
Jawaban B

Demikian lah pembahasan mengenai pengertian analogi, jenis-jenis analogi dan contoh analogi. Semoga dapat membantu dalam mengerjakan soal analogi.

3 komentar untuk "Pengertian Analogi, Contoh dan Jenis-jenis Analogi"

Posting Komentar